logo

logo
logo gunadarma

Friday, December 16, 2011

BAB XI KOPERASI DALAM BERBAGAI PASAR

KOPERASI DALAM PASAR MONOPOLI
v  Pengertian pasar Monopoli
Bentuk dari organisasi pasar, di mana hanya ada satu perusahaan atau penjual satu produk di pasar yang bersangkutan
v   Ciri – ciri pasar monopoli
ü   Perusahaan penjual atau penghasil produk hanya   satu
ü   Tidak ada produk substitu sinya
ü   Konsumen produk banyak
ü   Memasuki industri yg menghasilkan produk monopoli, baik secara legal maupun alamiah, adalah sangat sulit atau bahkan tidak mungkin.
v  Sifat Monopoli dari sudut cakupan
ü   Bersifat Lokal
v   KUD sebagai penyalur tunggal kredit usaha tani( KUT ) dan pupuk.
ü   Bersifat Regional
v   (Kabupaten dan propinsi) dilihat dari penyediaan air bersih oleh perusahaan daerah air minum (PDAM).
ü   Bersifat Nasional
v   dibidang pelayanan pos, telepon, telegram, dan listrik.
( Di lihat dari ciri tersubut, sepertinya agak sulit untuk koperasi menjadi pelaku monopoli di masa yang akan datang. Selain adanya tuntutan lingkungan untuk menghapus yang bersifat monopoli, pasar yang dihadapi akan semakin terbuka untuk persaingan. )

KOPERASI DALAM PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
v  Pengertian pasar monopolistik
Pasar monopoli yang bersaing,
   (pasar suatu produk dikatakan berada dalam keadaan persaingan monopolistik apabila dalam pasar tersebut terdapat ciri – ciri persaingan dari ciri monopoli. Hal ini disebabkan produk yang dijual di pasar tidaklah homogen tetapi masing – masing mempunyai daya substitusi satu sama lainnya. )
v   Ciri – ciri pasar persaingan monopolistik
ü   Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
ü   Produk yang dihasikan tidak homogen
ü  Ada produk substitusinya, artinya dapat digantikan penggunaannya secara sempurna oleh produk lain.
ü   Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
ü   Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda – beda sesuai dengan keinginan penjualnya.
ü   Pengusaha dan konsumen produk tertentu sama – sama bersaing, tetapi persaingan tersebut tidak sempurna karena produk yang dihasilkan tidak sama dalam banyak hal

Hubungan pasar / produsen
v  HUBUNGAN PASAR DENGAN KOPERASI
Ditinjau dari sisi produksi dan konsumsi, anggota koperasi dapat dikelompokkan menjadi koperasi produsen dan koperasi konsumen
v   HUBUNGAN PRODUSEN DENGAN PASAR TANPA   KOPERASI
Hubungan yang dimana masing – masing pihak akan berupaya memperoleh posisi yang lebih kuat dalam proses tawar – menawar ( Bargaining Position )
v  HUBUNGAN PRODUSEN ANGGOTA KOPERASI DENGAN PASAR
Menurut konsep koperasi, sekelompok orang baik itu sebagai produsen maupun sebagai konsumen yang mempunyai kepentingan ekonomi yang sama dapat membentuk perusahaan koperasi. Adanya persamaan kepentingan ekonomi yang sama ini membentuk “ hubungan khusus ” antara anggota koperasi dengan perusahaannya yang disebut koperasi.
Tugas koperasi adalah memaksimumkan pelayanan anggotanya melalui pemasaran produk – produk yang dihasilkan oleh para anggotanya.

Pasar persaingan Sempurna
v  Pengertian pasar persaingan sempurna
Pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual yang menguasai pasar. Dan struktur pasar yang banyak digunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
v   Ciri – ciri pasar persaingan sempurna
ü   Penjual dan pembeli dari suatu produk sangat banyak
ü   Produk yang diperjual belikan bersifat homogen
ü   Masing – Masing penjual dan pembeli dapat keluar masuk pasar
ü   Pelaku ekonomi mempunyai pengetahuan dan informasi sempurna dari kondisi pasar, struktur harga, kualitas.

No comments:

Post a Comment