logo

logo
logo gunadarma

Wednesday, January 4, 2012

BI: Inflasi Desember 0,6 Persen

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution mengatakan bulan Desember kemungkinan terjadi inflasi sekitar 0,6 persen. Perkiraan ini dihasilkan dari survei mingguan yang dilakukan Bank Indonesia.
"Kalau menurut survei kita inflasi bulan Desember kira-kira 0,6 persen. Ya lebih kurang bisa sedikit ke bawah bisa sedikit ke atas," ujar Darmin, usai menghadiri acara pelantikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, di Mahkamah Agung, Kamis ( 29/12/2011 ).
Dengan perkiraan tersebut, maka inflasi tahunan bisa bergerak di sekitar 3,8 persen. Kenaikan harga bahan makanan tidak begitu besar pada bulan Desember.
Menurut Deputi Gubernur Indonesia, Hartadi A Sarwono, inflasi bulan ini lebih dipengaruhi oleh biaya transportasi seiring dengan adanya perayaan Natal dan Tahun Baru. Ini, terang dia, merupakan masalah musiman.
"Natal (dan) akhir tahun biasanya transportasi agak naik hingga juga terkena dengan harga barang juga," ucap dia. Tapi, kenaikan harga transportasi pun juga tidak terlalu tinggi. Dengan begitu inflasi pun diperkirakan berada di rentang 0,5-0,6 persen.

Sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/12/29/12024229/BI.Inflasi.Desember.0.6.Persen

No comments:

Post a Comment