logo

logo
logo gunadarma

Wednesday, January 4, 2012

Nutrisi Penting bagi Perkembangan Anak

Asam lemak esensial (essential fatty acid/EFAs). Nutrisi ini berguna untuk membangun sel, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diperlukan untuk fungsi otak serta mata dan membantu tubuh menyerap energi.


■ Magnesium. Nutrisi ini berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat, irama jantung stabil, otot dan fungsi saraf, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. ■ Kalsium. Nutrisi ini berguna untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, mempromosikan saraf dan fungsi otot yang sehat, membantu proses pembekuan darah, dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

■ Kalium (potasium). Nutrisi ini bersama natrium akan berfungsi mengontrol keseimbangan cairan di tubuh, menjaga tekanan darah, fungsi otot, dan mengurangi risiko batu ginjal serta osteoporosis.

■ Zat besi. Nutrisi ini penting dalam membuat hemoglobin (pigmen merah dalam darah pembawa oksigen) dan mioglobin (pigmen penyimpan oksigen dalam otot).

■ Zink (seng). Nutrisi ini dibutuhkan oleh lebih dari 70 enzim yang membantu proses pencernaan, metabolisme, dan penting untuk pertumbuhan.

■ Vitamin A. Vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan dan pertumbuhan tulang, melindungi tubuh dari infeksi, meningkatkan pertumbuhan sel dan jaringan.

■ Vitamin C. Vitamin ini membantu memperbaiki dan membentuk sel-sel darah merah, tulang dan jaringan, menjaga gusi anak dan memperkuat pembuluh darah, serta membantu tubuh menyerap zat besi. Sumbernya jambu biji merah, kiwi, mangga, stroberi, kentang dengan kulitnya.

■ Vitamin D. Vitamin ini membantu tubuh menyerap mineral seperti kalsium dan membangun gigi serta tulang yang kuat, berperan dalam pengaturan sel dan produksi insulin. Sumbernya kuning telur, salmon, mackerel.

Sumber:internet
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/443598/

No comments:

Post a Comment