logo

logo
logo gunadarma

Thursday, January 5, 2012

Wilayah Perbatasan Basis Separatis...

Salah satu ancaman serius dari dalam negeri yang masih sangat kita rasakan hingga saat ini adalah ancaman separatis, yakni suatu gerakan untuk memisahkan diri dari NKRI. Belakangan ini ancaman separatisme yang sangat menonjol adalah aksi separatisme di wilayah-wilayah tertentu biasanya yang berbayasan dengan negara-negara tetangga.
Kelompok separatis tertentu biasanya melakukan sejumlah provokasi dan aksi kekerasan bersenjata, yang menyebabkan warga masyarakat menjadi ketakutan dan menjadi korban. Bahkan mereka tidak segan-segan berani melakukan penyerangan/penghadangan terhadap pos-pos keamanan yang berada di daerah terpencil wilayah perbatasan.
Selama ini, keberadaan kelompok separatis di suatu wilayah biasanya sulit untuk dideteksi aparat keamanan, karena mereka seringkali menggunakan wilayah perbatasan dan pedalaman sebagai basis gerakannya. Mereka menggunakan wilayah perbatasan sebagai basis gerakan, karena lebih mudah untuk melarikan diri ke luar negeri atau sebagai jalan masuk ke Indonesia.
Kelompok separatis tertentu ditengarai sering menggunakan pintu-pintu perbatasan untuk menghindari pantauan aparat keamanan. Kabarnya, para tokoh dan kelompok separatis memang memiliki markas di negeri tetangga. Tidak segan-segan, mereka sering menyamar untuk mengelabui aparat keamanan sebagai pelintas batas melalui pos perbatasan tertentu guna bertemu dengan kelompok separatis yang berada di wilayah Indonesia
Walaupun aparat keamanan cq TNI telah mendirikan sejumlah pos perbatasan di garis batas antara kedua negara dan pemerintah negara tetangga sendiri mengaku telah mengusir kelompok separatis dari wilayahnya, bukan berarti wilayah perbatasan bebas dari jalur keluar masuknya kelompok separatis. Karena, di wilayah negara tetangga itu masih ada pihak-pihak yang tergabung dalam suatu komunitas etnis tertentu untuk mendukung aktivitas kelompok separatis di salah satu perbatasan Tanah Air.
Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka menjaga wilayah perbatasan dan melokalisir kelompok separatis di wilayah perbatasan, maka pos-pos perbatasan perlu diperkuat, baik dari segi personel maupun perlengkapannya serta lebih diperketat penjagaannya. Pemerintah sendiri hendaknya terus melakukan upaya diplomasi dengan pemerintah negara tetangga agar tidak memberikan tempat bagi aktivitas kelompok separatis Indonesia di wilayahnya.
Tidak ringan memang menjaga wilayah perbatasan negara yang begitu panjang dengan berbagai kerawanan yang mungkin timbul. Tetapi, ini harus tetap kita lakukan demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI

No comments:

Post a Comment